13 Agustus 2009


PACU JALUR? AWAK NAN PUNYO.....!


Pacu jalur memang baru saja berakhir, namun kemeriahannya masih terasa. Pacu jalur merupakan pesta tahunan rakyat yang telah berlangsung selama ratusan tahun yang lampau. Meskipun demikian terasa sekali perbedaan pacu jalur pada zaman dahulu dengan pacu jalur yang diadakan pada saat ini. Nilai-nilai budaya yang menjadi tonggak utama pelaksanaan event rakyat ini berangsur-angsur mulai hilang seiring dengan berkembangnya zaman.

Contoh kecil mulai hilangnya nilai budaya itu seperti tujuan masyarakat pergi ke Taluk Kuantan itu sendiri. Kalau dulu, masyarakat pergi memang murni untuk menyaksikan jalannya Pacu Jalur itu, tapi untuk saat ini mereka lebih banyak pergi untuk sekedar berbelanja atau menghabiskan uang saja. Sungguh suatu perbuatan yang sia-sia saja. Bahkan ada di sebagian kecil masyarakat khususnya pada kaum ibu yang memang sengaja menabung untuk menyambut pacu jalur itu. Memang hal ini baik untuk mengantisipasi keinginan yang muncul tiba-tiba pada saat menonton pacu jalur, namun ini sama saja dengan mempersiapkan diri untuk membuang uang.

Alangkah lebih baiknya jika kita memaknai pacu jalur itu tidak lebih dari sekedar event budaya saja, namun juga untuk menambah dalam kecintaan kita terhadap Rantau Kuantan ini. Pacu Jalur merupakan budaya asli kita. Jangan sampai budaya kita ini pada akhirnya pun diakui Negara lain sebagi budaya asli mereka. Karena seperti kata pepatah “Sesuatu itu menjadi sangat berharga bagi kita pada saat ia sudah menjadi milik orang lain”. Jangan sampai Kuantan Singingi mengalami nasib yang sama dengan beberapa daerah yang telah kehilangan budaya asli mereka. Karena budaya pacu jalur merupakan warisan turun temurun yang telah ditinggalkan pera leluhur kita untuk dilestarikan. Hingga pada akhirnya anak cucu kita pun di kemudian hari dapat menyaksikan event pacu Jalur itu secara langsung, tidak hanya dalam sebuah cerita saja.


0 comments:

Posting Komentar

Saya itu....

Foto Saya
Rizke wiliyanti
Taluk Kuantan, Riau, Indonesia
Anak ke 2 dari 3 bersaudara. lahir di Bengkalis pada tgl 16 maret 1992. Saat ini sedang menempuh penidikan sarjana Strata-1 Ekonomi jurusan Akuntansi di Universitas Riau. Menghabiskan masa kecil di desa Pasar Benai,,sebelum akhirnya memasuki jenjang SMA di SMA.N Pintar Kab.Kuantan Singingi. Saya bahagia dengan hidup saya saat ini. Bersyukur pada Allah SWT yg masih memberikan keluarga yang utuh & harmonis. :) I Love My family.. Jangan takut mencoba hal yang baru, gapailah impianmu. Tapi ingatlah, tak peduli kemana kamu pergi, KELUARGA tempat kamu kembali. this is my motivation..suatu hari,,aku akan suskes dan membahagiakan keluargaku. aku JANJI....!
Lihat profil lengkapku

Time

Baru saja berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

wLy say's...

Orang terkuat BUKAN mereka yang selalu menang..MELAINKAN mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.

Followers

my LupH fAmiLy

my LupH fAmiLy

Sang Perintis '07

Sang Perintis '07